Anteseden Disiplin Kerja Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan

Alzen Alzen, Salman Farisi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh disiplin kerja terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah I Medan. Menganalisis pengaruh kemampuan kerja terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah I Medan. Menganalisis pengaruh disiplin kerja dan kemampuan kerja terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah I Medan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dan asosiatif. Di mana dilihat dari jenis datanya maka penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, namun juga apabila dilihat dari cara penjelasannya maka penelitian menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah I Medan yang berjumlah 212 orang. Dengan demikian, sampel dalam penelitian ini adalah 68 orang karyawan dari jumlah populasi tersebut. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Dari hasil perhitungan diketahui thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa disiplin kerja (X1) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja (Y) PT. Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah I Medan. Dari hasil perhitungan diketahui thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa kemampuan kerja (X2) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja PT. Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah I Medan. Dari uji F diperoleh kesimpulan bahwa disiplin kerja (X1) dan kemampuan kerja (X2) secara silmutan berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja (Y).

Full Text:

PDF

References


Arikundo, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian, Penerbit Erlangga. Rineka Ciptaan. Jakarta.

Bangun, Wilson. (2012). Manajer Sumber Daya Manusia, Penerbit Erlangga. PT. Gelora Aksara Pratama.

Ghozali, Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Universitas Diponogoro.

Handoko. T, Hani, (2009). “Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia” Yogyakarta: Diterbitkan Oleh BPFE.

Hasibuan, Melayu sp (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi, Penerbit PT. Bumi Aksara.Jakarta

Jufrizen. (2017) Pengaruh Pengawasan Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Disiplin Kerja Pada PT. Socfin Indonesia Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis UMSU. 2 (1), 20-29.

Jufrizen. (2018). Peran Motivasi Kerja dalam Memoderasi Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis UMSU. 1 (1), 15-19.

Juliandi Azuar, (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Ilmu-ilmu Bisnis. Cetakan Pertama, Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.

Kadarisma, M. (2012). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rajawali.

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Remaja Rosdakarya

Perdana, R. Indra. 2016. Pengaruh Motivasi dan Kemampuan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan.

Rahmawati, Aulia Hani. 2013. Pengaruh Disiplin Kerja dan Kemampuan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 6 No. 2 Desember 2013.

Rivai, Viethzal. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi kesatu, Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Saputra, Andi. 2018. Pengaruh Motivasi, Penempatan Kerja dan Kemampuan Kerja terhadap Prestasi Kerja Anggota Polda Riau.

Serli, Yuni Putri. 2018. Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan di Hotel Rocky Plaza Padang. FPP Universitas Negeri Padang.

Subekti, Jiantoro. 2017. Pengaruh Pelatihan dan Kemampuan (Studi pada Karyawan PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang).

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Bisnis. Cetak kedua bela. Bandung: Alfabeta.

Sukandi, Pipin. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Prestasi Kerja (Studi Kasus:

Pegawai Balai Besar Wilayah Sungai Citraum Kota Bandung). Universitas Tarumanagara. Jakarta.

Sutrisno, Edy. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Edisi 4: kecana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal SALMAN : Sosial dan Manajemen is abstracting & indexing in the following databases: 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Creative Commons License
Jurnal SALMAN is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.